HUT RI Ke 74, Puluhan Pekerja PTPN X Kebun Ajong Gayasan Gelar Upacara Bendera

oleh -197 views
Puluhan Pekerja PTPN X Kebun Ajong Gayasan, saat gelar Upacara Bendera peringati HUT Kemerdekaan RI Ke 74, di salah satu pematangan kebun tembakau tersebut. Sabtu 17/08/2019. Foto : Evelyne Christanty

JEMBER – Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), yang merupakan suatu peringatan bebasnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari masa-masa penjajahan, hampir dilakukan oleh seluruh Rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Puluhan pekerja PTPN X Kebun Ajong Gayasan juga menggelar Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, di halaman Gudang Pengering TBN 5 yang terletak di Desa / Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember. Upacara yang sama juga dilakukan di area Penataran Peji B TBN 3 Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim). Sabtu 17/08/2019.

Meskipun berada di tengah-tengah masa panen tembakau dilokasi perkebunan tersebut, dan sebagai wujud nyata dalam menumbuhkan rasa kebangsan dan juga memperingati hari Kemerdekaan RI ke 74 tahun. Seluruh pekerja tampak sengaja menghentikan sejenak kegiatan aktivitasnya guna melakukan upacara bendera dengan menggunakan pakaian seadanya.

General Manager PTPN X Kebun Ajong Gayasan, Dwi Aprilla Sandi SP mengatakan, untuk upacara bendera yang sengaja dilakukan oleh seluruh pegawai kebun diaini, sudah sesuai dengan surat edaran Kementrian BUMN, termasuk sambutan oleh inspektur upacara juga sesuai dengan sambutan yang disampaikan oleh presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraannya, pada Jum’at 16/08/2019.

“Upacara yang dilakukan dilokasi penataran maupun dilokasi gudang, adalah untuk menunjukkan bahwa sebagai generasi penerus bangsa bisa mengisi Kemerdekaan RI. Artinya, kita harus belajar menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme, bahwa perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan kita dahulu sedemikian besarnya,” ungkap Dwi Aprilla, saat dikunjungi Kontenindoneaia.com dilokasi upacara bendera. Sabtu 17/08/2019.

Sedangkan tambah Dwi Aprilla, kita sebagai pengisi kemerdekaan negeri ini setidaknya harus bisa dengan adanya upacara bendera, baik itu di lahan, di gudang maupun di gudang pengering, itu adalah suatu bentuk penghargaan kepada pahlawan yang telah mendharmabaktikan jiwa dan raganya untuk negara ini.

“Untuk itu, kebun menginstruksikan kepada semua jajaran kebun Ajong Gayasan, baik semua kemandoran, semua bagian dan bagian gudang pengering, agar melakukan kegiatan penghormatan bendera sebelum mereka melakukan aktivitas pada 17 Agustus ini.” pungkasnya.

 

Penulis : Evelyne Christanty
Editor   : Deni