Siswa-Siswi Smk Tridaya Sakti Ikuti Penyuluhan Narkoba Oleh BNN

oleh -217 views
Saat sesi poto bersama kepala sekolah dan Brigjend Pol DR Vicktor tenaga ahli BNN bersama siswa-siswi SMK tridaya sakti Foto:Saripudin

BEKASI- Siswa dan Siswi kelas X (Sepuluh) SMK Tridaya Bekasi Kecamatan Tambun Selatan mengikuti kegiatan Penyuluhan Narkotika Dalam Rangka Kegiatan MPLS.

Dalam Kegiatan yang diselenggarakan diHadiri Oleh Wakapolsek Tambun AKP Hery, kasie Humas Iptu Tri Mulyono, Kanit Bimas Iptu Tarmuji, Danramil Mayor Inf A Priyanto,Staff dan BPD Desa Tridayasakti,Serta Bintang Tamu Duta Narkotika Putri Indonesia dan Artis KDI.

Menurut Keterangan kepala sekolah SMK Tridaya Achmad Fahrurroziq, “kegiatan Tersebut merupakan Suatu Program Sekolah Secara Rutin Tiap Tahunnya mengadakan Penyuluhan Narkotika dengan Narasumber Brigjend Pol DR Vicktor Pudjiaji,”paparnya (kamis,18/07/209)

Dalam penyuluhannya dihadapan ratusan siswa, Brigjend Pol DR Vicktor menyampaikan Penyuluhan adalah sebuah upaya secara sadar dan berencana yang dilakukan untuk memperbaiki prilaku manusia, sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan, yakni pada tingkat sebelum seseorang menggunakan narkoba, agar mampu menghindari dari penyalah gunaan.

Upaya ini diharapkan efektif karena ditujukan pada mereka yang belum pernah menggunakan atau sudah menggunakan pada tingkat coba-coba. Sebaliknya perlu kewaspadaan dalam memberikan informasi dan penyuluhan tentang narkoba kepada anak dan remaja karena dapat membangkitkan keingintahuan dan mencoba.

Sedangkan sasaran dari upaya ini juga termasuk orang-orang dengan resiko tinggi yang memiliki masalah yang tidak mampu dipecahkan sendiri, sehingga dalam kehidupannya sering mencari pemecahan keliru, seperti prilaku untuk mencari kepuasan sementara melalui penggunaan narkoba.

Masa remaja adalah masa peralihan dari masa kanak – kanak menuju dewasa. Disamping itu, masa remaja juga merupakan masa yang mudah dipengaruhi oleh lingkungan sekitar dan rawan terhadap pengaruh – pengaruh negatif, seperti penggunaan narkoba, merokok, melakukan kejahatan kriminal, tawuran, bahkan sampai seks bebas.

Kenakalan remaja dari tahun ke tahun semakin meningkat. Kenakalan remaja itu sendiri merupakan suatu perilaku menyimpang yang melanggar norma dan hukum yang berlaku dalam masyarakat.

Dewasa ini, kenakalan remaja yang sering temui adalah penggunan narkoba. Narkoba bukanlah sesuatu yang asing lagi bagi kita. Kita telah sering mendengar dan membaca berita tentang narkoba baik di media elektronik maupun media cetak.

Di Indonesia, peredaran narkoba sudah menjadi permasalahan serius yang harus segera diatasi. Hingga kini, penyebaran narkoba sudah hampir tidak bia di cegah. Mengingat bahwa saat ini teknologi sudah semakin canggih. Hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudahnya mendapatkan narkoba dari oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab.

Narkoba merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan bahan adiktif lainya. Narkoba adalah bahan/zat yang jika dimasukan dalam tubuh manusia, baik secara oral/diminum, dihirup, maupun disuntikan, dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang.

Narkoba dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis. Penyebab penyalahagunaan narkoba pada generasi muda dapat disebabkan oleh duafaktor, diantaranya

Faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri individu itu sendiri, seperti kecemasan, depresi serta kurangnya religiusitas.

Kebanyakan penyalahgunaan narkotika dimulai atau terdapat pada masa remaja, sebab remaja yang sedang mengalami perubahan biologik, psikologik maupun sosial yang pesat merupakan individu yang rentan dalam penyalahgunaan obat-obat terlarang ini. Remaja dengan ciri-ciri tertentu mempunyai risiko lebih besar untuk menjadi penyalahguna narkoba.

Faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar individu atau lingkungan seperti kondisi keluarga, lemahnya hukum serta pengaruh lingkungan. Lingkungan yang baik akan memberikan pengaruh positif dan terhindar dari penyalahgunaan narkoba

Dalam kegiatan peyuluhan narkoba kepada para siswa di tempat tersebut Berjalan Dengan lancar dan aman sampai acara selesai.

 

Penulis:Saripudin