Surat Undangan Tidak Jelas, Paripurna Hari Jadi Ciamis Ke 377 Tidak Dihadiri Mantan Bupati

oleh -430 views
Surat undangan yang ditujukan untuk Ketua KBPPP Kabupaten Ciamis, yang tampak ditempeli tujuan nama H. Iing Syam A. Foto : Abraham

KAB CIAMIS – Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-377 yang digelar di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis pada Rabu, 12/6/2019, menuai pertanyaan dari Dua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yakni Centra Indonesia (CI) berikut Ormas Barisan Patriot Bela Negara (BPBN).

Pasalnya, mantan orang nomor satu periode 2014-2019 Kabupaten Ciamis tampak tidak hadir, yang menurut sejumlah informasi, yang ternyata Surat Undangan dari Panitia untuk H Iing Syam Arifin, bukanlah untuknya. Surat bersetempel Burung Garuda teruntuk Ketua KBPP dan ditempeli tulisan H. Iing Syam A dengan posisi duduk di B.4, yakni peruntukan BUMD, BUMN, SKPD, dan Kabag.

Mengapai hal tersebut, Ketua Tim Investigasi LSM CI, U Miftah Farid angkat bicara, mohon maaf terlepas keteledoran, sengaja atau tidak, Surat Undangan yang Beliau kembalikan itu ada di hati panitia. Menurut Saya, marilah bersikap dewasa dalam berpolitik, karena Pilkada Ciamis 2018 telah selesai.

“Iing Syam Arifin, meski sebagai mantan Bupati periode 2014-2019 masih harus dihargai, karena sudah berjasa membangun Kabupaten Ciamis, diantaranya pembangunaan infrasetruktur yang telah dijanjikan sudah terealisasi.” ujar U Miftah Farid, saat diwawancara Awak Media di lingkungan DPRD Ciamis, usai rapat tersebut, Rabu, 12/6/2019.

Lalu dikatakan U Miftah, kenapa ini tidak dihargai malah ditempatkan di B.4 tidak d jajaran kursi tamu kehormatan B.2, Saya tidak menuding ada muatan atau dendam politik. Cuma kalau dikaitkan ada indikasi kesana, dan walau menjadi rival dalam Pilkada serentak 2018, sekarang pilkadanya sudah selesai dan Buati sekarang sudah dilantik. Alangkah baiknya jika tidak ada kejadian seperti ini.

“Surat Undangannya ngaco, ada apa ini. Bupati terpilih yang harus menjawab semua halnya, tolonglah kembali kealam biasa lagi, pilkada sudah selesai.” kata U Miftah.

Sementara itu, Ketua BPBN Ciamis, Hardedi juga megatakan, Saya tidak melihat adanya kehadiran mantan orang nomor wahid Kabupaten Ciamis itu, namun setelah dikonfirmasi kepada yang bersangkutan, ternyata Iing Syam Arifin menerima surat undangan yang dianggap bukan untuknya. BPBN ormas terdaftar di Kesbangpol Kabupaten Ciamis juga tidak menerima undangannya, Saya tidak tahu alasan Beliau sehingga tidak hadir.

“Menurut Saya, Pak H. Iig Syam Arifin seharusnya diudang, karena hal undangan adalah suatu kehormatan. Bagaimanapun Beliau itu tokoh, pernah menjadi bupati pengabdiannya puluhan tahun di Ciamis. Tidak hadirnya H. Iing Syam Arifin, Saya juga tidak bisa memastikan entah karena sembrono atau kelalaian yang disengaja maupun tidak disengaja oleh panitia, namun sangat menyangkan hal itu terjadi.” ungkap laki-laki yang akrab disapa Dedi, diarea yang sama.

Hingga berita ini diturunkan, upaya konfirmasi terkait surat undangan tersebut sudah Dua kali ditempuh, yakni mendatangi Ketua Seksi Acara/Upacara Hari Jadi ke-377 Kabupaten Ciamis, Ika Darmaiswara, ke Kantor dimana Ia sebagai Kepala BAPEDA Kabupaten Ciamis, namun belum berhasil ditemui dan hanya mendapat keterangan bahwa Beliau sudah berangkat menuju Sidang Paripurna.

Penulis : Abraham