Peletakan Bata Pertama Pembangunan Taman Gada Membaca, Dilaksanakan Bupati Ciamis

oleh -142 views
Bupati Kabupaten Ciamis, Herdiat Sunarya (tengah), Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kab. Ciamis Hj. Tini Nurmasari S. Sos. MM (pertama kanan), saat berfoto bersama jajaran lainnya usai peletakan bata pertama pembangunan Taman Baca Gada Membaca. Foto : Irwan Hermansyah

CIAMIS – Peletakan bata pertama pembangunan taman baca Gajah Dawuan (Gada) Membaca di Jl Raya Ciamis-Cirebon Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (Jabar), berlangsung dilaksanakan oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, Kamis 18/02/2021 pekan kemarin.

Pembangunan taman Gada membaca itu diketahui merupakan inisiatif dari jajaran Komunitas Gada membaca yang didirikan oleh penggiat literasi Agus Munawwar.

“Pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Ciamis mendukung pembangunan Taman Baca, karena ini sesuai misi Kabupaten Ciamis dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia,” ungkap Herdiat Sunarya, saat memberikan sambutannya pada kegiatan itu.

Herdiat berujar, saya mengapresiasi Komunitas Gada Membaca dan juga masyarakat yang telah ikut serta membantu berjalannya proses pembangunan taman baca Gada Membaca ini.

“Pembangunan sumber daya manusia menjadi hal yang penting dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Kedepannya kita akan membantu pembangunan taman baca Gada membaca melalui anggaran APBD,” ujar Herdiat.

Selain itu, penggagas Komunitas Gada Membaca, Agus Munawar menjelaskan, tujuan dibangunnya taman baca ini, yakni sebagai salah satu ruang untuk kegiatan dan belajar masyarakat melalui berbagai macam bacaan. Semoga hal itu bisa mempermudah akses teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Berbagai kegiatan bisa dilakukan di taman baca, masyarakat pun dengan mudah mendapatkan informasi dan pastinya juga berdampak terhadap pemberian solusi permasalahan masyarakat. Selain itu juga menimbulkan kesejahteraan di masyarakat,” jelas Agus.

Agus menambahkan, Komunitas Gada Membaca berdiri pada 18 Februari 2015. Lahirnya Gada Membaca terlahir dari serangkaian kegiatan yang dirasakan manfaatnya secara langsung dan melibatkan masyarakat setempat.

“Kita mengharapkan dengan adanya Taman Baca ini bisa mendorong tumbuhnya komunitas baru yang didasari atas dasar kerelawanan. Kami juga mengharapkan dukungan dari stakeholder terkait untuk mendukung Komunitas Gada Membaca. Makna nama komunitasnya, Gada itu gabungan nama tempat, Gajah dan Dawuan. Di lokasi tempat dibangunnya taman baca ada batu besar dan di bawah itu ada Dawuan Cimuntur.” pungkas penerima Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka dari Perpustakaan RI itu.

 

Reporter : Irwan Hermansyah
Editor : Deni