Pemdes Cijulang Berusaha Optimalkan Pembangunan

oleh -71 views
Salah satu titik pekerjaan yang di selenggarakan Pemerintah Desa Cijulang, Kecamatan Cihaurbeuti, Kab Ciamis, Jum’at 21 Juli 2017. Konten Jabar / Sendi F . Wawan K

CIAMIS – Pemerintah Desa Cijulang, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (Jabar), pada tahun anggaran 2017 maksimalkan penyelenggaraan alokasi dana yang di terima desanya. Kini, Pemerintah desa tersebut sudah merealisasikan beberapa kegiatan di berbagai bidang program pemberdayaan masyarakat dan pembangunan fisik.

Kepala Desa Cijulang, Daryono Hasan Arif saat di temui Kontenjabar.com mengatakan, pada tahap pertama anggaran Dana Desa (DD) tahun anggaran 2017 ini, sebesar Rp. 432.370.600, yang kini sedang di alokasikan kepada beberapa titik pembangunan fisik. Sedangkan untuk Bantuan Provinsi (Banprov) yang senilai Rp. 150 juta, sudah di alokasikan untuk pengaspalan jalan di Dusun Cipurut desa ini.

“Untuk Dana Desa (DD), saat ini di fokuskan untuk pembangunan fisik seperti saluran irigasi, pengaspalan jalan kedusunan dan juga pengecoran jalan gang (Jalan setapak), di tambah untuk pemberdayaan masyarakatnya yang di alokasikan untuk penambahan modal BUMDes Citra,” kata Daryono, di ruang kerjanya, Jum’at 21 Juli 2017.

Daryono berujar, pembangunan saluran irigasi menjadi prioritas Pemerintah Desa, yang bertujuan agar petani yang sawahnya tadah hujan nanti, tak lagi kesulitan dalam mendapatkan sumber air apabila di musim kemarau. Selain pembangunan irigasi, pembangunan akses jalan tak kalah penting di prioritaskan oleh Pemdes Cijulang ini.

“Masyarakat desa kami mayoritas adalah petani padi, pembangunan irigasi dan akses transportasi menjadi prioritas kami, dengan tujuan untuk bisa lebih menunjang hasil panen masyarakat, dengan saluran irigasi yang baik akan mengoptimalkan hasil panen dan jalan yang bagus akan mempermudah mereka untuk menjual hasil panen,” terang Daryono.

Ayi Ariyanto, Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Cijulang mengungkapkan, untuk pelaksanaan fisik DD tahap I tahun 2017, kini sedang di alokasikan terhadap lima titik kegiata, yakni penembokan Irdes Waregu di Dusun Desa, penembokan Irdes Paseron di Dusun Cikole, pengecoran jalan gang di Dusun Cicurug, pengecoran jalan gang Dusun Cipurut dan Pengaspalan jalan Dusun Cikole.

“Alhamdulillah peran serta aktif masyarakat dalam swadaya dan gotong royong sangat tinggi, hingga memaksimalkan di setiap titik kegiatan pelaksanaan. Mudah-mudahan semua program pembangunan yang telah di musyawarahkan bersama pemerintah Desa unsur masyarakat dan lembaga di tahun ini, yang saat ini pelaksanaannya sedang kami kerjakan hasilnya nanti bisa di rasakan masyarakat,” katanya.

(Sendi Fitriana / Wawan Kurniawan)

Editor : Deni

 

 

Kontenjabar.com