Pemerintah Desa Gombong Alokasikan Bnprov Rp.150 Juta

oleh -58 views
Tantan Taufiq, Kepala Desa Gombong, Kec Ciawi, Kab Tasikmalaya saat di jumpai di ruang kerjanya, Kamis 18 Mei 2017. Konten Jabar / Anton

TASIKMALAYA – Bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) melalui program Pemerataan untuk menunjang kelancaran pembangunan pedesaan kembali di kucurkan. Desa Gombong, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, menjadi yang paling awal mendapat bantuan tersebut sebesar Rp.150 Juta.

Dana bantuan sebesar tersebut, di alokasikan pemerintah Desa Gombong ke dua titik pekerjaan pembangunan, yakni pembangunan Tembok Penahan Tebing (TPT) di Kampung Sukamandi, sepanjang 350 meter dengan Tinggi 1,5 meter dan Lebar 40 cm, dan mempunyai kedalaman pondasi 40 cm. terang Tantan Taufiq Kepala Desa Gombong tersebut kepada Kontenjabar.com di kantornya, Kamis 18 Mei 2017.

Pembangunan TPT tersebut ujar Tantan, Bertujuan untuk menyokong sektor pertanian, yaitu Irigasi yang bisa melancarkan saluran air dan juga bisa mengaliri sawah masyarakat sekitar 30 Hektar. Selain itu, ada juga pembangunan drainase ini untuk menanggulangi terjadinya banjir ketika musim hujan. Kemudian di kala musim kemarau, hasil pembangunan TPT ini bisa mengairi sawah yang ada di bawah.

“Pembangunan itu menghabiskan anggaran sebesar Rp.126 juta, masyarakat juga merasasenang. Karena, penantian mereka dari tahun 2010 silam untuk pembangunan TPT seperti ini sudah terealisasi,”  jelas Tantan.

Tantan mengatakan, Di titik keduanya, yakni pembangunan pilar/pagar di depan halaman kantor Desa Gombong ini, yang sekaligus merupakan penataan halaman kantor desa agar terlihat lebih indah dan juga lebih nyaman, pembangunannya menghabiskan anggaran Rp.23 juta. Hal itu, untuk menjaga keamanan aset desa, Jadi bangunan desa lebih terlihat tertutup.

Pengerjaannya di katakan Tantan, Dilakukan secara swakelola dan juga masyarakat secara sukarela, ada yang membantu memberi makanan setiap harinya pada pekerja. Apalagi masyarakat yang merasa sawahnya bisa teraliri air, kesadaran bergotong royongnya masyarakat sangat tinggi sekali di desa ini. katanya.

Tantan berharap, Semoga nantinya masyarakat lebih memperdulikan dalam jenis pemeliharaan dan perawatannya, hal itu untuk apapun yang sudah di bangun oleh desa. Mudah-mudahan dengan bantuan di sektor pertanian ini, bisa lebih meningkatkan produksi dan hasil tani masyarakat. Dan juga ucapan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan Provinsi Jawa barat.

(Anton)

Editor : Deni

 

 

Kontenjabar.com