Perekrutan Karyawan Magang. PT Fumakilla Nomos : Sudah Kerjasama Dengan Kadisnakertrans

oleh -1.221 views
Bangunan megah tempat operasional PT. Fumakilla Nomos, di Jalan Terusan Interchange, Anggadita, termasuk Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang. Foto : Denis Frans Wiranta 

KAB KARAWANG – PT. Fumakilla Nomos yang berdiri di Jalan Terusan Interchange, Anggadita, termasuk Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, disinyalir telah melakukan perekrutan Karyawan Baru dengan dalih magang melalui PT. CBD, yang beralamat di Jalan Raya Klari, Perum Karawang Jaya, Buana Taman Sari Raya, Blok A10 No.21.

Praktek tersebut diduga merupakan sebuah usaha akal-akalan guna meraup keuntungan bagi perusahaan. Karena, karyawan yang direkrut sebagai tenaga kerja magang tersebut hanya dibayar sebesar 80% dari Upah Minimum Kabupaten (UMK), tepatnya hanya sebesar Rp. 3,1 juta perbulan.

Selain itu, praktek perekrutan karyawan tersebut disinyalir tidak dilaporkan ke pihak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang.

Terkait hal tersebut, Kepala Bidang (Kabid Lattas) Disnakertrans Kabupaten Karawang, Darwanto mengatakan, setahu Saya di PT. Fumakilla Nomos Klari itu, tidak ada program pemagangan. Kalaupun ada, hal itu pastinya akan ada laporan dan datanya di buku besar Kita.

“Yang ada program pemagangan dalam buku besar kita, itu hanya di PT. Fumakilla Indonesia, yang berada dalam kawasan KIIC oleh LPK Rafifah Jaya Nusantara, dengan jumlah peserta magang laki-laki sebanyak 4 orang, perempuan 16 orang.” ungkap Darwanto, seraya menunjukan buku besar yang merupakan data Yayasan dan PT yang telah melaksanakan program pemagangan, saat dikunjungi diruang kerjanya. Rabu, 26/09/2018.

Kendati demikian, pernyataan Kabid Lattas Disnakertrans tersebut ditanggapi terbalik oleh seseorang yang mengaku bernama Dalang, selaku penanggung jawab dikantor PT. CBD. Yang menurutnya, dalam program pemagangan di PT. Fumakilla Nomos, PT. CBD telah bekerja sama dengan Kepala Dinas Disnakertrans.

“Iya kang, pak H. Suroto, Kadisnakertrans sudah bekerja sama dengan PT kami untuk program pemagangan. Itu juga karena Teh Celli, pemilik PT ini masih tergolong family sama beliau.” ujar Dalang.

Hingga berita ini diturunkan, H. Suroto, Kadisnakertrans tersebut, ketika coba dikonfirmasi karena namanya tercatut dalam pemberitaan, dirinya sedang tidak berada ditempat. Sementara ketika telepon selullarnya coba dihubungi, sedang dalam keadaan tidak aktif.

 

 

Reporter : Denis Frans Wiranta / Targetnews.web.id
Editor      : Deni