Peringati HPSN. Abdul Naseh : Hal Ini Sesuai Maksud Dan Tujuan

oleh -90 views
Pasca agenda gerakan sapu jagat atau juga kerja bakti pungut sampah yang merupakan salah satu agenda HPSN, disalah satu titik lokasi Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya. Foto : Istimewa

KAB TASIKMALAYA – Upacara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dan Bhakti Sosial (Baksos) Kepolisian Resort Tasikmalaya, yang dihadiri warga masyarakat dari berbagai elemen, tampak berlangsung meriah. Di Alun Alun Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Selasa, 26/02/2019.

Kapolres Kabupaten Tasikmalaya, AKBP Dony Eka Putra S.Ik dan Asisten Daerah (Asda) Perekonomian dan Pembangunan, Drs. H. Kundang Sodikin M. Si, tampak hadir bersama sejumlah jajaran Muspika setempat, TNI dan Polri, Komunitas Peduli Sampah dan Komunitas Bank Sampah, hingga para Kepala Sekolah berikut para Camat, Kepala Desa dan juga masyarakat.

Kabid Diseminasi Informasi dan Statistik Diskominfo Kabupaten Tasikmalaya, Abdul Naseh S. Ip. M. Si mengatakan, latar belakang dari kegiatan HPSN ini adalah untuk mengatasi permasalahan sampah yang muncul kepermukaan, terutama sejak terjadinya tragedi longsor sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah, Kabupaten Bandung, yang terjadi pada 21 Februari 2005 silam.

“Secara pribadi, Saya dan Diskominfo Kabupaten Tasikmalaya berpendapat, Ini sesuai dengan maksud dan tujuan dari HPSN sendiri, yang diantaranya untuk membangun kesadaran bersama masyarakat, untuk pelembagaan hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah, dan juga mendorong budaya bersih dan produktif di tengah masyarakat.” Ungkap Abdul Naseh, kepada Awak Media dilokasi kegiatan.

Abdul Naseh berujar, adanya partisipasi dan peran aktif masyarakat yang merupakan modal sosial, dapat juga mengangkat peran aktif di tengah Pemerintah Daerah (Pemda) hingga masyarakat luas. Hal ini merupakan sosialisasi berikut edukasi bagi masyarakat dalam hal pengelolaan sampah terkait permasalahan dan solusinya untuk mengatasi dari mulai sumbernya.

“Membangun sinergi dan upaya pemerintah daerah, masyarakat hingga dunia usaha dalam pengelolaan sampah. Dalam kegiatan HPSN ini ada kampanye bertema HPSN 2019, gerakan sapu jagat atau juga kerja bakti pungut sampah. Acaranya dipusatkan di Alun-Alun Singaparna, menuju ke beberapa titik lokasi.” Terangnya.

Penulis :  Deni