Peringati Maulid Nabi, Pondok Pesantren Miftahul Hasanah Adakan Khitanan Masal

oleh -130 views
Dalam rangka memperingati Maulid Nabi, Pondok Pesantren Miftahul Hasanah, adakan khitanan massal. Konten Jabar/Foto Supriyanto.

BANDUNG – Berbagi dan menyantuni, itulah yang dilakukan Pondok Pesantren Miftahul Hasanah yang berada di Kampung Cisaradan, Desa Langensari,Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung. Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, pondok pesantren pimpinan KH. Holan Maulana ini mengadakan khitanan massal bagi anak-anak yatim dan tidak mampu yang ada disekitar pondoknya.

Ditemui disela-sela acara, Kyai yang mengajar puluhan santri dari berbagai daerah ini menuturkan, kegiatan ini adalah yang kedua kalinya dilaksanakan di pondok pesantren miliknya, beliau mengatakan kegiatan khitanan masal ini adalah wujud rasa syukurnya sekaligus dalam rangka maulid Nabi Muhammad.

“Alhamdulillah, ini adalah acara yang kedua kali kami laksanakan di pondok, selain dari bentuk rasa syukur kami kepada Alloh SWT, acara ini juga kami laksanakan dalam rangka mauludan,” katanya.

Dalam acara khitanan massal yang diikuti sebanyak 26 anak ini, pimpinan pesantren mengaku mendapatkan dana dari hasil para donatur disekitar pesantren yang sama-sama peduli akan nasib sesamanya.

Salah seorang warga Yono, yang juga terlihat sibuk membantu kegiatan ini mengatakan, dirinya sangat senang bisa membantu mengadakan acara tersebut, Yono menambahkan, dirinya sejak awal perencanaan hingga pelaksanaan acara, sangat antusias dan mendukung acara kemasyarakatan ini.

“Saya sangat senang bisa ikut membantu acara ini, dari mulai pengumpulan dana hingga pelaksanaan acara ini, mudah-mudahan acara ini dapat terus kami laksanakan tahun-tahun berikutnya,” kata Yono.

Keceriaan pun tampak diwajah anak-anak yang menjadi peserta khitanan massal ini, bisa dikhitan secara gratis, mendapatkan paket makanan dan pakaian menjadi kebahagiaan tersendiri bagi mereka. Terlebih saat panitia memberikan uang ‘Panyecep’ (uang yang diberikan pada saat seorang anak disunat-Red). (Supriyanto)

Editor : Hens Pradhana