Peresmian Di Desa Mekarmaju, Ditjen IKMA : Produk Perkakas Pertanian Akan Diperluas Lagi

oleh -90 views
Ditjen IKMA, Gati Wibawaningsih, saat serah terima Bahan Baku Cangkul dari baja dan berbincang dengan seseorang, di acara Peresmian Material Center Perkakas Pertanian di Desa Mekarmaju, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Senin 07/10/2019. Foto : Kurniawan Trianto

BANDUNG – Selain disisi pembinaan, kami juga telah menyelenggarakan bentuk kegiatan Pendampingan Penerapan sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) terkait Perkakas Pertanian di Sentra Mekarmaju Desa Mekarmaju, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, yang merupakan bagian dari rangkaian pendirian Material Center.

Demikian di ungkapkan Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Gati Wibawaningsih, pasca berbicara di podium acara Pesmian Material Center Perkakas Pertanian di Desa Mekarmaju tersebut, yang digelar pada Senin 07/10/2019.

Gati mengatakan, produk pertamanya yang difokuskan oleh Material Center di Kabupaten Bandung ini, yaikni cangkul proyek. Ke depannya produk perkakas pertanian lainnya akan diperluas lagi, seperti sekop, sabit dan garu. Nah disisi kemitraannya, Material Center Sentra Mekarmaju telah berhasil bermitra dengan PT. Kawan Lama Sejahtera, yang telah memberikan order tahap pertama kepada Material Center sebanyak 1.250 unit cangkul proyek.

“Pihak Ditjen IKMA Kementerian Perindustrian melakukan pembinaan bagi IKM perkakas pertanian melalui fasilitasi penguatan SDM seperti bimbingan teknis, pendampingan dan sertifikasi, bantuan mesin dan peralatan, peningkatan kualitas produk dan pengembangan pasar, serta penguatan kemampuan sentra.” Kata Gati.

Gatri menambahkan, dalam hal peningkatan kualitas produk, Ditjen IKMA mendorong diberlakukannya Standar Nasional Indonesia (SNI) melalui penyusunan revisi SNI Cangkul serta sosialisasi SNI nya di Jawa Barat dan Jawa Tengah di tahun 2018. Pada tahun 2019 dilakukan pendampingan penerapan SNI Cangkul bagi IKM perkakas pertanian di Sentra Mekarmaju, Kabupaten Bandung.

“Saya juga menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada pihak Pemerintah Desa Mekarmaju, Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung serta IKM yang terlibat, sehingga Material Center di Sentra Mekarmaju dapat didirikan. Semoga dengan adanya Material Center ini dapat membawa kemajuan bagi perkembangan industri perkakas pertanian dalam negeri, dan khususnya bagi penguatan daya saing IKM perkakas pertanian.” Pungkas Gati.

Penulis : Kurniawan Trianto
Editor   : Deni