Bupati Hendy Berikan Pelatihan PAMSIMAS Kepada Pemerintah Desa Dan Kecamatan

oleh -45 views

JEMBER – Untuk memberikan hak air bersih kepada seluruh masyarakat Bupati Jember Hendy Siswanto pimpin pelatihan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) kepada pemerintah desa dan kecamatan yang berlangsung di Aula Hotel Rembangan, Selasa (12/10/2021).

PAMSIMAS sendiri merupakan platform pembangunan air minum dan sanitasi perdesaan yang dilaksanakan dengan pendekatan berbasis masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati Hendy menceritakan pengalamanya sebagai pekerja saluran air yang membangun saluran air di kecamatan Kaliwates pada tahun 1987 silam.

“Kita harus bisa membangun sistem pengairan yang kuat, dan juga belajar untuk mengolah air secara efisien agar air dalam tanah tidak mengering” imbuhnya

Dalam pelatihan tersebut, beberapa Kepala Desa diberikan bimbingan teknis dalam pengelolaan air bersih, serta sanitasi.

“Kami dahulukan desa yang rawan krisis air bersih dulu, saat ini sudah ada 91 desa yang menjalankan PAMSIMAS ini, ke depannya kami tingkatkan bertahap,” kata Bupati Hendy.

Dia menargetkan akhir 2024 seluruh desa di Jember dapat menjalankan program pamsimas.

Terakhir Bupati Hendy menghimbau kepada seluruh OPD yang mengikuti pelatihan agar menerapkan apa yang telah di pelajari di masing-masing daerah.

 

Kontributor : Anjasmara