Bursa Inovasi Desa Sinkron Dengan Visi Ciamis Sinergis

oleh -125 views

CIAMIS – Bupati Ciamis, Herdiat, menghadiri dan membuka secara resmi Bursa Inovasi Desa Zona 3 yang meliputi Kecamatan Sindangkasih, Ciamis, Baregbeg, Sadananya dan Cikoneng di Gedung Dakwah Cikoneng.

Dalam sambutannya, beliau memaparkan target pengurangan angka kemiskinan dari 7,22 % turun menjadi 5,50% dalam 5 tahun di Kabupaten Ciamis. Untuk memenuhi target itu, Bupati menginginkan Pemerintah Desa membangun sinergitas dengan Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam pengurangan angka kemiskinan dengan menyusun perencanaan kegiatan dan penganggaran desa yang berpihak rakyat miskin.

Bupati menegaskan, Pemerintah Desa jangan hanya membangun infrastruktur fisik tetapi sudah saatnya membangun kualitas sumberdaya manusia di desa dengan merancang program-program inovatif yang mampu membuka lapangan kerja di desa.

“BUMDesa harus diarahkan untuk membentuk unit usaha yang bisa memasarkan potensi desa dan membuka lapangan kerja di desa,” katanya.

Kunci dalam melakukan inovasi, lanjutnya, desa harus mengenal potensi dan kebutuhan warganya. Oleh karena itu, dengan dilaksanakannya Bursa Inovasi ini, sangat membantu desa untuk mereplikasi praktek-praktek baik dan sudah berhasil dilakukan oleh desa-desa di tempat lain.

Dalam acara yang belum lama itu, Bupati mengunjungi dan menggunting pita ruang Bursa Inovasi yang menampilkan menu-menu inovasi yang memuat tiga bidang yakni infrastruktur di Bursa A, Pembangunan SDM di Bursa B dan Kewirausahaan di Bursa C.

“Inovasi desa adalah terobosan untuk membangun desa secara terencana, terprogram dan berkesinambungan,” pungkasnya.

 

Konribitor  : Fathan

Editor          : Abraham