Demi Adipura, Pemkab Parigi Moutong Akan Bayar Sampah Organik Yang Dikumpul Masyarakat

oleh -164 views
Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu saat membeli kompos olahan masyarakat yang berada di Pengelolaan Sampah TPS3R Kelurahan Masigi, Kabupaten Parigi Moutong

PARIGI MOUTONG/Sulteng – Upaya meraih Adipura, Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu membeli kompos olahan masyarakat yang berada di Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) Kelurahan Masigi baru baru ini.

Bupati Parigi Moutong membeli kompos tersebut dengan maksud agar masyarakat lebih peduli dengan kebersihan lingkungannya.

Ia sampaikan bahwa kedepan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong akan membayar seluruh sampah organik yang dikumpulkan oleh masyarakat Kelurahan Masigi.

“Kedepan seluruh sampah organik akan kita bayar. Biar masyarakat terus menjaga pembersihan,” imbuhnya.

Lanjut Bupati, TPS3R kata ia, merupakan sistem pengelolaan dan teknologi pengelolaan sampah yang dimaksudkan solusi dalam mengatasi persolan dan dampak yang ditimbulkan akibat sampah yang berserakan.

“Melalui TPS3R ini, tidak hanya persoalan pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh sampah, namun juga dapat menghasilkan produk produk bernilai ekonomis dari sampah yang diolah tersebut,” ujarnya, Selasa (17/9)

Keunggulan dari teknologi TPS3R adalah sebagai mesin pencacah sampah dengan modifikasi pada pisau pencacah sehingga lebih muda menghancurkan sampah organik.

Kontributor : Ris
Editor : Irwan