Didampingi Wakil Bupati Jember, Hj. Faida Lantik 148 Kades Terpilih

oleh -75 views

Jember, – Didampingi Wakil Bupati Jember KH. Abdul Muqit Arief, Bupati Jember Hj. Faida, melantik 148 Kepala Desa (Kades) terpilih periode 2019-2025 dari hasil pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang dilaksanakan pada bulan september lalu yang diikuti 161 Desa. Pelantikan ini dilaksanakan di Balai Serba Guna GOR Kaliwates Kabupaten Jember, Rabu (23/10).

“Ada 161 orang Kades terpilih, namun yang dilantik hari ini baru 148 orang, dan 13 orang Kades terpilih lainnya akan dilantik pada bulan Desember mendatang, mengingat 13 Kades tersebut masa jabatannya berakhir pada bulan Desember,” ucap Hj. Faida orang no satu di Jember.

Pada kesempatan itu Bupati Jember Hj. Faida menjelaskan, di era kepemimpinan Joko Widodo saat ini, pembangunan Desa masih menjadi prioritas. Sehingga perlu sinergitas yang baik antar lembaga terutama Pemerintah Desa dan Pemerintah Kabupaten.

Menurutnya, beberapa kebijakan harus tetap diperbaiki, seperti dalam pengelolaan Keuangan Desa, struktur atau perangkat Desa dan ketentuan lainnya yang butuh penyempurnaan sehingga lebih baik lagi.

Lanjut dijelaskan, sehingga dibutuhkan sejumlah proses, mulai dari pengkajian dan pertimbangan lainnya, yang nantinya akan dituangkan dalam Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbup).

“Pemerintah Kabupaten memiliki kewajiban untuk terus membimbing, menfasilitasi dan membina para Kades dan perangkatnya untuk meningkatkan kualitas dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya,” imbuhnya.

Sebagai pimpinan Kepala Daerah, Hj Faida menekankan kepada seluruh Kades yang dilantik atau yang masih menjabat, agar tetap mentaati aturan tentang pengelolaan Keuangan Desa untuk menghindari hal-hal yang bisa berdampak hukum.

“Gunakan prinsip kehati-hatian dalam mengelola keuangan dan penyusunan program kegiatan serta pertanggungjawabannya,” tukasnya.

Bagi para Kades yang baru dilantik, Bupati Jember Hj. Faida berpesan agar memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat desa serta menjaga amanah yang telah diberikan oleh masyarakat.

Penulis : Fitri
Editor : Irwan