KAT Bela Negara Tampilkan Tarian Pontano di Acara Pembukaan Baksos TMMD

oleh -88 views
KAT Bela Negara saat menampilkan tarian Pontano di acara Bhakti Sosial Tentara Manunggal Masuk Desa. (Foto/ris)

PARIGI MOUTONG, – Tarian Pontano yang dimainkan oleh anak anak Komunitas Adat Terpencil (KAT) Bela Negara Suku Lauje tampil menghibur di Pembukaan Bhakti Sosial Tentara Manunggal Masuk Desa (Baksos TMMD) yang diselenggrakan di Desa Lombok Kecamatan Tinombo Kabupaten Parigi Moutong, Rabu (2/10/19).

Tarian Pontano menarik perhatian para tamu undangan yang melihatnya sampai para Pejabat terlena dan terpaku untuk melihat tarian tersebut sampai selesai.

KAT Bela Negara suku lauje besutan Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu itu telah menguasai berbagai keterampilan mulai dari tata rias, perbengkelan, draiver, memainkan musik hingga pengadministrasi dan pengelolaan keuangan dan masih banyak lagi telah dikuasai oleh KAT Bela Negara.

Para pejabat tinggi yang ikut menyaksikan tarian itu Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Kapolres Parigi Moutong, Kepala Kejaksaan Negeri Parigi, Ketua DPRD dan para Wakil Ketua DPRD Kabupaten Parigi Moutong, para unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah dan Kabupaten Parigi Moutong serta masyarakat Kecamatan Tinombo.

Ulinge salah satu masyarakat Tinombo mengatakan keberadaan KAT Bela Negara, secara pribadi bahwa dirinya sangat bangga dengan Bupati Parigi Moutong yang begitu serius mengangkat harkat dan martabat suku Lauje yang memanusiakan manusia.

“Ileyae mosanang meito unga ami mebali to (bahasa Kaili), yang artinya saya senang melihat anak kami jadi orang,” ujar Ulinge kepada Media ini.

Penulis : Ris
Editor : Irwan