Lestarikan Tradisi Lokal, PTPN XII Panen Tebu Dengan Tradisi Tebu Manten

oleh -121 views

Banyuwangi – PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) XII telah memulai masa panen tebu tahun ini untuk wilayah kerja Banyuwangi.

Kegiatan tebang tebu perdana ini di laksanakan di PTPN XII Kebun Kalitelepak Glenmore, Banyuwangi Senin,(06/06/2022).

Prosesi tebang tebu perdana ini dilakukan dengan tradisi tebu manten yang dihadiri oleh Forpimka Kecamatan Glenmore dan Kalibaru, Tokoh masyarakat Setempat, Direktur PTPN XII ,SEVP Operation, SEVP Business Support, Direktur PT IGG dan Manajer Kebun dan karyawan PTPN XII di wilayah Banyuwangi.

Hastudy Yunarko selaku Manager Kebun Kalitelepak mengatakan tradisi Tebu Manten ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya.

“Adat ini telah ada sejak zaman Nenek moyang orang Jawa, selamatan ini dilaksanakan sebagai wujud syukur kami kepada Tuhan atas keselamatan dalam penggarapan lahan pertanian, dan hasil panen yang melimpah serta dihindarkan dari ganggguan hama” ungkapnya.

Direktur PTPN XII Siwi Peni, S. Si., MM menjelaskan di Tahun 2022 wilayah Banyuwangi mengelola tanaman tebu giling dengan luas lahan 5.457 ha dan Target Produksi 431.795 ton dengan produktivitas 80 ton/ha dan memiliki rendemen 8 persen.

“Kebun tebu di wilayah Banyuwangi sangat berpengaruh nyata terhadap perekonomian masyarakat disekitar kebun dan ini dapat menyerap tenaga kerja kurang lebih 3.000 orang setiap harinya dalam masa pemeliharaan tanaman dan akan bertambah menjadi 6.000 orang tiap harinya ketika masa panen”Jelasnya.

Rencananya kegiatan panen tebu di wilayah Banyuwangi akan berlangsung selama 132 hari kedepan dan akan di giling di PT. Industri Gula Glenmore.

“Semoga pelaksanaan panen tebu tahun 2022 dapat berjalan dengan lancar dan target yang sudah dicanangkan wilayah Banyuwangi dapat tercapai, Semua itu dapat kita raih dengan kerja keras dari segenap karyawan  dan juga sinergi yang positif dengan masyarakat dan juga pemerintah setempat”Imbuhnya.

Kemudian acara di tutup dengan pemberian santunan kepada anak yatim piatu di sekitar wilayah kerja PTPN XII Kebun Kalitelepak serta tasyakuran bersama masyarakat sekitar.

 

Kontributor: Anjasmara