Pemko Padang Sambut Seminar Logika Eksyar, Dukung Padang Menjadi Kota Ekonomi dan Keuangan Syariah

oleh -54 views

PADANG, – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Amasrul mengaku menyambut baik atas digelarnya kegiatan Seminar Logika Eksyar dalam tema Dialog Publik Ekonomi dan Keuangan Syariah di Kota Padang.

Sebagaimana acara yang dilangsungkan di Aula Anggun Nan Tongga Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (19/10/2019) itu, terselenggara berkat kerjasama Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS), Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatera Barat dan MES Kota Padang dan lainnya. Kegiatan ini juga dihadiri langsung Ronald Rulindo, selaku Direktur Bidang Inovasi Produk, Pendalaman Pasar, dan Pengembangan Infrastruktur Sistem Keuangan Syariah KNKS.

“Alhamdulillah, atas nama Pemerintah Kota Padang kita sangat menyambut baik kegiatan ini. Semoga peserta bisa mendengarkan pemahaman serta mengeluarkan ide-ide cemerlang dalam rangka membangun Sumbar dan khususnya kota Padang sebagai daerah yang berekonomi syariah ke depan,” ungkap Sekda Amasrul sewaktu mewakili Wali Kota Padang membuka kegiatan sekaligus menjadi pemateri dalam acara tersebut.

Sebagaimana diketahui, dalam seminar ini menyajikan dua topik pembahasan. Sesi pertama yaitu membahas “Menuju Padang Sebagai Kota Ekonomi dan Keuangan Syariah” dan sesi kedua “Pengembangan dan Penguatan Zakat di Kota Padang Melalui Gerakan Indonesia Ramah Zakat”.

Amasrul mengungkapkan, berbicara konsep ekonomi syariah kota Padang sudah memulai dan menerapkan konsep tersebut bagi warga kota dengan membentuk Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) di setiap kelurahan.

“Upaya ini sesuai dari visi bapak Wali Kota Padang yaitu menjadikan masyarakat kota Padang yang madani berbasiskan pendidikan, perdagangan dan pariwisata religius yang halal serta berdaya saing. Hal itu pun juga sejalan dengan filosofi yang ada di Ranah Minang yakni adat basandi syara’-syara’ basandi kitabullah (ABS-SBK). Alhamdulillah, upaya itu terlihat semakin konkrit dalam kegiatan ini yang bertujuan menjadikan dan menguatkan kota Padang atau Sumatera Barat terhadap keuangan syariah atau masyarakat ekonomi syariah,” ucapnya.

Amasrul berharap, melalui seminar ini secara bersama-sama akan mendukung konsep perekonomian syariah di kota Padang yang lebih konkrit. Dimana diharapkan pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kota Padang dan didukung MES Sumatera Barat yang terdepan melakukan berbagai langkah dan upaya tersebut.

“Maka itu sebagai warga kota Padang kita tentu harus memakai konsep syariah dalam kehidupan sehari-hari. Supaya Semoga dengan itu menjadikan masyarakat kota Padang yang beradab yang dimulai dengan membangun konsep perekonomian syariah,” jelasnya mengkhiri.

Penulis : David

Editor : Irwan