Yanuar Prihatin, Motivasi PPDI Ciamis Cara Mudah Membangun Desa

oleh -90 views

CIAMIS,Kontenindonesia – Motivator dari Cahaya Sekolah Kehidupan (CSK), Yanuar Prihatin memberikan pencerahan bagaimana cara membangun desa mudah, rileks, dan semangat dalam Seminar Motivasi Cara Mudah Membangun Desa kepada para Pengurus PPDI (Persatuan Perangkat Desa Indonesia) Kabupaten Ciamis, kemarin ini di Tyara Plaza Ciamis.

Yanuar, yang juga Anggota Komisi II DPR RI ini menilai desa-desa di Kabupaten Ciamis memiliki potensi besar menjadi desa maju namun selama ini para aparatur desa terjebak dalam hal-hal sulit “Selama ini yang terjadi terjebak kepada cara-cara rumit, berat yang panjang dan susah. Padahal ada cara lain yang lebih simpel. Itu yang dibuka caranya disini (dalam seminar. red)” ujarnya. Padahal ada cara lain yang lebih simpel, membangun desa itu ada dua cara. Yakni cara mudah dan cara sulit atau cara panjang atau cara pendek, cara berat atau cara ringan.

Dalam membangun desa ada pertanyaan sepele yang harus dijawab namun merupakan kunci. Lanjutnya, pertanyaan itu adalah desa ini mau mencapai target apa, atau impian apa? “Jika tak terjawab, maka urusan akan berat, dan kalau semua pertanyaan itu terjawab, semua hal akan lebih mudah” ujarnya.

Agar fokus dalam mencapai tujuan dan arah melangkah harus juga mempunyai mimpi serta mengenali kekuatan yang ada di desa.

Sementara itu, Ketua PPDI Ciamis, Toto Suryanto SIP mengatakan faktor kesulitan di pedesaan adalah menyatukan persepsi dari masyarakat. Setelah mendapat ilmu motivasi, pihaknya akan mentransfer ilmu kepada aparat desa dan lainnya, agar punya niat dan mimpi membangun desa.

“Saya mendapatkan ilmu yang luar biasa dari H Yanuar, jadi jangan susah-susah membangun desa kalau ada niat dengan ikhlas” ujarnya, asalkan ada mimpi, niat dan kemampuan membangun desa itu tidak susah “Harus ada mimpi dulu, karena mimpi itu gratis, lalu diaplikasikan dengan kekuatan atau sumber daya, perangkat dan kepala desa” ujar Toto.

Editor : Abraham