Sejak Juli 2020, Dispendukcapil Jember Layani Pembuatan e-KTP Pada Hari Libur

oleh -172 views
Kepala Dispendukcapil, Isnaini Dwi Susanti SH, saat dikunjungi Kontenindonesia.com diruang kerjanya, Kamis 10/12/2020. Foto : Evelyne Christanty

JEMBER – Terhitung sejak Juli 2020, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim), telah mengadakan program perekaman e-KTP dari hari Senin hingga hari Minggu (libur).

Kepala Dispendukcapil, Isnaini Dwi Susanti SH mengatakan, kami melakukan program perekaman termasuk hari libur itu dari hari Senin sampai hari Minggu (hari lubur). Walaupun hari Minggu itu hari libur tetap kami akan melayaninya.

“Bahkan saat cuti bersama pun kami masuk untuk memberikan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) pada masyarakat. Karena masyarakat sangat membutuhkan E-KTP, apalagi dalam kondisi pandemi seperti saat ini untuk bantuan sosial.” ungkap Kepala Dispendukcapil yang akrab disapa Santi, saat ditemui kontenindonesia.com di ruang kerjanya, Kamis 10/12/2020.

Selain itu dikatakan Santi, masyarkat juga membutuhkan KTP untuk menggunakan hak pilihnya pada setiap pemilihan umum. Oleh karena itu, saat libur pun kami tetap melayaninya. Apalagi sat-saat kemarin dimana masyarakat semuanya harus melakukan pencoblosan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Kemarin pasca Pilkada Dispendukcapil tidak ada libur, kami melakukan pelayanan setengah hari dan hasilnya pada tanggal 09/12/2020 kemarin ada 12 perekaman dan KTP dan langsung kami berikan kepada warga yang akan dipergunakan untuk mencoblos, ditambah 10 orang yang mengambil KTP.” kata Santi.

Sementara, Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, saya ucapkan banyak terimakasih dan juga hormat yang mendalami karena perekman KTP EL mencapai 99,7%.

” Saya ingin ucapkan terimakasih dan hormat mendalam yang tulus kepdada rekan-rekan semuanya yang sudah bekerja sangat keras, tidak pernah merasa lelah, penuh ikhlas dan pengorbanan. Tahun ini Pilkada berjalan lancar, aman dan sukses. Perekaman ktp pun tembus 99,7% dari DPT. Itu capaian yang luar biasa. Tidak terlalu banyak isu terkait KTP dan Suket dalam Pilkada tahun ini.” Pungkas Zudan, melalui pesan singkat WhatsApp.

 

Reporter : Evelyne Christanty
Editor      : Deni