Sinergitas TNI dan Polsek Cibeber Bantu Gotong Royong Jembatan Di Kampung Pasir Nangka

oleh -108 views

 

Pasca beberapa kegiatan perbaikan jembatan
Pasca beberapa kegiatan perbaikan jembatan yang amblas selama di guyur hujan. Foto : Supriyanto

 

KAB  LEBAK – Warga Kampung Pasirnangka Desa Cikotok Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak Provinsi Banten,melaksanakan  gotong royong Perbaikan Jembatan di depan SD Cikotok 2 dengan dibantu Babinsa TNI dan anggota Polsek Cibeber Yang Sinergitas.

Jembatan yang berukuran 10 x 6  ini sebagian amblas akibat curah hujan yang cukup tinggi,sehingga warga khawatir  dengan Jembatan tersebut,oleh karena itu warga Inisiatif untuk merehab Jembatan ini, setelah berunding dengan para tokoh kemudian koordinasi dengan para pengusaha diwilayah sekitarnya, “Hari Minggu,30/O3/19 kemarin warga langsung mulai bekerja, ” ungkap Ketua RW 05 Endang Mustofa yg biasa disapa Ekong.

Atas kerja sama dan Gotong royong warga yang dibantu Babinsa TNI dan Anggota Polsek Cibeber serta Para pengusaha kecil yang berada di Wilayah sekitarnya,turut membantu untuk membeli kebutuhan Material seperti Semen,Batu belah,Bronjong,Besi,Pasir dan lain sebagainya. Masyarakat dan sekitarnya melakukan seperti ini supaya nyaman untuk berjalan,dan Anak Sekolah Dasar juga nyaman mengikuti pelajaran di Sekolahnya.

“Awalnya kami khawatir bilamana Jembatan ini roboh yang otomatis akan menggusur bentengan pondasi Sekolah SD Cikotok 2, karena air yang mengalir dibawah jembatan sudah berhasil masuk ke pondasi bentengan,secara otomatis bilamana curah hujan terus mengguyur seperti ini pondasi bentengan sekolah tidak akan lama ikut roboh mengikuti jembatan ini.ungkap tokoh masyarakat Ustad Misbah.

“Untuk pembangunan jembatan ini dilakukan sederhana,tahapan awal ini difokuskan pada Tihang Jembatan yg diperkuat dengan pengecoran dan dilapisi beronjong,ujar anggota Polsek Cibeber Kanit Intelkam Asep.

Kopda Nenden Babinsa TNI Desa Cikotok yang ikut turun membantu pembangunan mengatakan, dibawah jembatan rupanya sudah sangat menghawatirkan kondisi pondasinya,pondasi sudah sangat tipis dan saya yakin bilamana tidak segera diperbaiki mungkin tidak akan lama lagi Jembatan ambruk berikut pondasi Sekolah juga ikut terbawa.

“Dengan adanya Sumber dana ini dari Warga dan pengusaha kecil diwilayah sekitarnya yang Alhamdulilah berhasil dikumpulkan Rp 15.000.000,dari Warga yang  menyumbang terkumpul dengan jumlah Rp 2.000.000,dari pengusaha 13.000.000.Sementara ada sisa Rp 2.000.000 lagi untuk Syukuran dan membangun gapura,” ujar ketua RW ekong.

Dari hasil kerja keras perbaikan jembatan tersebut yang akhirnya Alhamdulillah sudah selesai,dan kami langsung mengadakan Syukuran dirumah kasepuhan Olot omek,yang  dihadiri Babinsa TNI Kopda nenden dan Anggota Polsek Cibeber Kanit Intelkam Asep,Bripka edi dan Ketua LPM Desa Cikotok.

 

Penulis : Supriyanto

Editor   : Asep Hendra