Terjadi Longsor Di Desa Karanglayung, RPB Rajapolah Kerahkan 20 Orang Personil

oleh -113 views
Personel RPB Rajapolah di pimpin Korlap
Personel RPB Rajapolah di pimpin Korlapnya Agus Ridwan Azis, saat membereskan material-material longsor, di Dusun Pananjung, RT 08/02, Desa Karanglayung tersebut. Senin, 29/04/2019 dini hari. Foto : Fajar Aditya.

 

 

KAB TASIKMALAYA – Longsor yang terjadi di wilayah Dusun Pananjung, RT 08/02, Desa Karanglayung, Kecamtan Karangjaya, Kabupaten Tasikmalya pada Senin, 29/04/2019 pukul 02.20 dini hari, selain nyaris menutupi jalan ada juga beberapa titik longsor yang mengenai beberapa rumah penduduk.

Demikian dikatakan Fajar Aditya Sidik, salah seorang Crew Relawan Penanggulangan Bencana (RPB) Kecamtan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalya, Jawa Barat, pada keterangan resmi yang dikirim via pesan singkat WhatsApp yang diterima Redaksi Kontenindonesia.com. Senin, 29/04/2019 malam.

Fajar Aditya (kanan), bersama 2 orang personil RPB Rajapolah
Fajar Aditya (kanan), bersama 2 orang personil RPB Rajapolah saat menanggulangi salah satu rumah warga yang terdampak bencana tersebut. Foto : Fajar Aditya

Fajar berujar, RPB Rajapolah yang dipimpin langsung oleh Koordinator Lapangan (Korlap) Agus Ridwan Azis, sengaja memberangkatkan kurang lebih 20 personel RPB ke tempat kejadian bencana itu, setelah sebelumnya berkoordinasi terlebih dulu dengan pihak Pemerintahan setempat dan juga pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Setelah melakukan koordinasi dengan Pemerintah setempat dan BPBD, Agus Ridwan Azis, Korlap RPB Rajapolah dengan kurang lebih 20 personel relawan RPB, langsung menuju lokasi kejadian bencana guna melakukan pembersihan material longsor bersama sejumlah orang dari RPB Manonjaya, Kabupaten Tasikmalya yang telah datang lebih awal di lokasi bencana.” terang Fajar.

Tampak rumah penduduk yang terdampak bencana longsor. Foto : Fajar Aditya
Tampak rumah penduduk yang terdampak bencana longsor. Foto : Fajar Aditya

Fajar menambahkan, karena untuk menangani beberapa titik bencana lainnya ada yang memerlukan alat berat untuk penanggulangannya, sehingga kegiatan RPB di lokasi bencana tersebut di hentikan sementara, guna menunggu datangnya alat berat. tambahnya.

Sementara itu, Agus Ridwan Azis, Korlap RPB tersebut mengatakan, Saya sangat berharap agar pihak Pemerintah bisa lebih memperhatikan para Relawan lebih jauh lagi, terutama yang menyangkut koordinasi dan akses bantuan peralatan berikut operasional untuk para relawannya. Hal itu untuk lebih meningkatkan kinerja dan kafasitas Relawan Penanggulangan Bencana (RPB) juga. kata laki-laki yang akrab disapa Ara itu.

 

Penulis : Deni