Tiga Jenis Pembangunan Di SMAN 1 Cibeber, Salah Satunya Tanpa Plang Papan Kejelasan Proyek

oleh -252 views
Pembangunan Pondasi di lingkungan SMAN 1 Cibeber, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, yang tidak memakai Plang Papan Proyek terkait kejelasan pekerjaan. Foto : Supriyanto

LEBAK – Salah satu dari Tiga pekerjaan pembangunan yang tengah berlangsung di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Cibeber, Jalan Warungkadu, No 49, Cikotok, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, disinyalir tanpa adanya plang papan informasi proyek terkait keterangan pekerjaan.

Pembangunan RKB di SMAN 1 Cibeber, yang tengah berlangsung. Foto : Supriyanto 

Ketiga pekerjaan pembangunan di Sekolah yang mempunyai sebanyak 556 siswa itu, yakni pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB), pembangunan 2 ruang Toilet, dan juga pembangunan Turap atau Pasang Batu (pembangunan pondasi) dilingkungan sekolah yang disinyalir tanpa adanya plang papan proyek. Sementara, pengerjaan pembangunan pondasi yang tidak dengan plang kejelasan itu, sudah berlangsung 4 hari pengerjaan.

Plang papan proyek terkait kejelasan pekerjaan pembangunan RKB di SMAN 1 Cibeber. Foto : Supriyanto

Menurut salah seorang pekerja pada pembangunan pondasi itu mengatakan, kami hanyalah selaku pekerja, kami cuma kuli. Tidak tahu menau dengan urusan seperti itu. Kata seseorang yang enggan di sebutkan namanya dilokasi pekerjaan. Senin, 27/08/2018.

Kepala Tukang pada proyek pembangunan pondasi yang berinisial R, juga mengatakan, Saya juga tidak mengetahui siapa yang mempunyai proyek ini, nomer telponnya juga tidak tau. Saya hanya punya nomer telepon orang-orang yang menyuplai matrial bangunan sajah. Katanya.

Adjang Suhardja S. Pd, Kepala Sekolah SMAN 1 Cibeber tersebut mengatakan, terkait pekerjaan Ruang Kelas Belajar (RKB) yang sedang berlangsung di sekolah SMAN 1 Cibeber ini, kami dari pihak sekolah tidak ada yang terlibat dalam pengerjaannya. Karena pekerjaan proyek dengan anggaran Rp 410.080.000 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Banten itu, dikerjakan oleh pihak rekanan, yakni PT. Lugina Media Sarana, dengan tanggal kontrak 26/06/2018, 120 hari kalender pengerjaan.

“Mengenai pekerjaan pembangunan RKB di SMPN 1 Cibeber ini, kami dari pihak sekolah tidak ada yang terlibat dalam proyek itu. Anggarannya sesuai yang ada di plang, Rp 410.080.000 dari APBD Provinsi Banten, itu dikerjakan oleh pihak rekanan, oleh PT. Lugina Media Sarana. Nah untuk pembangunan Ruang Toilet (WC), baru 2 ruangan sajah yang sedang dalam pengerjaan. Kita menyesuaikan dengan keuangan sekolah.” ungkap Adjang, saat dikunjungi diruang kerjanya. Senin, 27/08/2018.

Sementara itu, untuk keberimbangan pemberitaan mengenai proyek pembangunan pondasi yang tidak dengan adanya plang papan proyek kejelasan pekerjaan, dan sudah berlangsung selama 4 hari pengerjaan hingga hari Senin, 27/08/2018. Kepala Sekolah SMAN 1 Cibeber tersebut, saat dikonfirmasi via pesan singkat Whatsapp sama sekali tidak memberikan penjelasan apapun, hingga berita ini diturunkan.

 

Penulis : Supriyanto
Editor    : Deni