Bawaslu Ciamis Ketat Memantau Tahapan Logistik Pemilu 2024

oleh

CIAMIS – Bawaslu Kabupaten Ciamis telah menjalankan pengawasan yang ketat terhadap tahapan logistik dalam Pemilihan Umum 2024. Sejak 9 hingga 18 Januari 2024, Bawaslu memantau proses sortir dan lipat surat suara di Gudang Sehati Desa Cisadap serta pergeseran kotak suara dan surat suara dari beberapa gudang di wilayah tersebut.

 

Selain itu, Bawaslu Ciamis juga memberikan saran perbaikan terkait kekurangan jumlah surat suara kepada KPU, yang telah direspons dengan penjemputan surat suara yang kurang pada tanggal 26 Januari, 31 Januari, dan 6-7 Februari 2024 untuk berbagai jenis surat suara.

 

Ketua Bawaslu Kabupaten Ciamis, Jajang Miftahudin menjelaskan ketatnya pemantauan dalam tahapan logistik saat jumpa para awak media alias press realease Hasil Pengawasan Masa Kampanye Pemilu Tahun 2024 Di Kabupaten Ciamis, Kamis (8/2/2024) di Kantor Bawaslu Kabupaten Ciamis Jl RAA Kusumahsubrata Nomor 16 Ciamis.

 

“Bawaslu Ciamis terus memantau pendistribusian logistik seperti bilik suara dan kotak suara dengan surat suara ke PPK se-Kabupaten Ciamis sejak 1 Februari 2024,” ujar Jajang, dimana pendistribusian logistik juga mendapat pengawasan dari Panwaslu Kecamatan di setiap kecamatan.

 

Jajang mengungkapkan distribusi logistik menghadapi kendala, antara lain : mencakup cuaca ekstrim, akses jalan yang sulit, potensi kekurangan surat suara pada hari pencoblosan, dan potensi tertukarnya surat suara antar daerah pemilihan, “Untuk mengatasi, instruksi telah disampaikan kepada jajaran PKD untuk mengidentifikasi TPS rawan, yang akan menjadi dasar untuk mengambil langkah mitigasi yang tepat,” ujar Ketua Bawaslu.

 

Jajang meyakini dengan pengawasan yang ketat dan langkah-langkah mitigasi yang diambil, diharapkan proses pemilihan umum di Kabupaten Ciamis dapat berjalan lancar dan adil bagi seluruh pemilih.

 

Penulis : Abraham Mahmoud

Sumber : press release