Dandim 0612 Tasikmalaya Laksanakan Sosialisasi & Tinjau Lokasi Sasaran BSMSS TA 2023

oleh

TASIKMALAYA, Kontenindonesia. com|Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf.Raden Henra Sukmadjidibrata S.I.P) melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Peninjauan ke lokasi sasaran BSMSS TA 2023 di Desa Sundakerta Kec Sukahening Kab Tasikmalaya,kamis (15/06/2023).

Kegiatan berlangsung dan bertempat di GOR HCR Desa Sundakerta, Kec Sukahening, Kab. Tasikmalaya dengan tema acara, “Sinergi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan Kodim 0612/Tasikmalaya”.Kamis (15/06/2023).

BACA JUGA; https://www.kontenindonesia.com/ragam/kodim-0612-tasikmalaya-laksanakan-panen-kacang-bersama-poktan-kwt-mitra-tani-puspa-koramil-1222-salawu.html

Pada kesempatan tersebut, Camat Sukahening Ucu Mulyana S. I. P, mengatakan, Selamat datang kepada jajaran Kodim 0612 Tasikmalaya atas sosialisasi BSMSS dengan masyarakat Desa Sundakerta, kegiatan yang lebih mengedepankan partisipasi masyarakat dengan bergotong – royong yang bermanfaat untuk masyarakat Desa Sundakerta. Dengan program BSMSS semoga dapat membawa dampak yang baik dan lebih maju untuk masyarakat Desa Sundakerta Kec. Sukahening Kab. Tasikmalaya, Kami berharap giat gotong royong ciri khas masyarakat pedesaan harus jangan sampe musnah, harus tetap dipelihara dan lebih ditingkatkan, Ucap camat dalam sambutannya.

Sementara itu, sambutan Kasdim 0612 Tasikmalaya Mayor Inf. Deni Zenal Mutaqin, S.Sos., Mengatakan, Bahwa kegiatan BSMSS merupakan program kerjasama antara TNI dengan  pemerintah daerah yang dilaksanakan setiap tahun sekali  dengan anggaran sangat terbatas, sasaran yaitu untuk pembangunan fisik seperti infrastruktur, rutilahu dan posyandu. Sedangkan untuk non fisik salah satu tujuan kita membangun kebersamaan, membangkitkan jiwa patriotisme, cinta tanah air. Program kegiatan BSMSS merupakan bukti kemanunggalan TNI dengan rakyat, bekerjasama bahu membahu membangun desa untuk meningkatkan roda perekonomian warga masyarakat. Mari kita laksanakan dengan keikhlasan dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Adapun sasaran BSMSS di Desa Sundakerta meliputi; Pengecoran jalan kampung sepanjang 380 m, Pengerjaan TPT sepanjang 480 m, Rehab RTLH 10 unit dan Pembangunan Posyandu 1 unit’. Jelas Kasdim 0612 Tasikmalaya.

Pembukaan BSMSS rencana akan dilaksanakan pada tanggal 12 Juli 2023, mari kita laksanakan program BSMSS ini dengan keikhlasan dan  penuh rasa tanggung jawab dan nanti setelah selesai kegiatan, selanjutnya masyarakat bisa merawatnya hasil program BSMSS tersebut, Pungkas Kasdim.

Acara ini dihadiri lk 70 Orang, diantaranya;

Dandim 0612/Tasikmalaya (Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata, S.I.P). ,Kasdim 0612/Tsm (Mayor Inf. Deni Zenal Mutaqin. S.Sos) ,Bupati Tasikmalaya diwakili Kadis PMD (Bpk Yayat Suryatna),Camat Kec. Sukahening Kab.  Tasikmalaya (Ucu Mulyana, S.I.P) ,Danramil 12/Cisayong (Kapten Inf.  Andri Mulyono)

,Kabid PMD (Ibu Doris) ,Pospol Kec. Sukahening(Aiptu Rachwan) ,Kepala Desa Sundakerta Kec. Sukahening (Bpk Anton Raksadiwangsa) ,Ketua LPM Desa Sundakerta Kec. Sukahening (Bpk Endang Hidayat) ,Ketua Karang Taruna Desa Sundakerta (sdr. Agus Rohimat) ,Ketua MUI Desa Sundakerta (Ajengan Hisyam Al Junaedi), dan Para Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Desa Sundakerta Kec. Sukahening.

Ditempat yang sama, Kadis PMD Yayat S juga mengatakan, Kegiatan BSMSS ini merupakan kerjasama antara TNI dengan pemerintah daerah yang diprioritaskan bagi desa yang memiliki gotong royong yang tinggi dan bersifat stimulan. Giat ini sangat membutuhkan dukungan dari masyarakat, partisipasi warga masyarakat dengan bekerja gotong royong.

Dengan giat BSMSS kemanunggalan TNI dengan masyarakat harus tetap dipelihara dan lebih ditingkatkan, BSMSS ini lebih menitikberatkan kepada partisipasi masyarakat, adapun anggaran dananya hanya bersifat stimulan. Pemerintah Kab  Tasikmalaya memberikan apresiasi kepada Kodim 0612/Tsm atas pelaksanaan Program kegiatan BSMSS yang berbasis gotong royong. Karena, program kegiatan BSMSS di seluruh Indonesia hanya ada di Kodam III/Siliwangi, Ini ada sejarahnya dari zaman penjajahan masyarakat dan TNI selalu menyatu bersama melawan penjajah dan membangun Jawa Barat, Tutup Kadis PMD Yayat S.

Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf. Raden Henra Sukmadjidibrata, S.I.P. , Menegaskan, intinya sebagai orang Tasik harus merasa bangga, karena asal usul mulanya Tentara dari daerah Tasik, namanya Siliwangi. Untuk mendekatkan Tentara dengan rakyat di Kodam III/Siliwangi ada kegiatan BSMSS, itu bukti kemanunggalan TNI dengan rakyat. Tentara Siliwangi adalah tentara pejuang tentara rakyat dan setiap desa ada tentara Kodam III/Siliwangi, sejarah perjuangan Kodam III/Siliwangi tidak lepas dari peran serta masyarakat Jawa Barat sehingga melahirkan motto “Siliwangi adalah rakyat Jawa Barat, rakyat Jawa Barat adalah Siliwangi”

Pada saat negara tidak perang/aman, maka TNI sebagai komponen pendukung membantu pemerintah daerah dalam program pembangunan. Begitupun sebaliknya pada saat negara terjadi perang, maka masyarakat sebagai komponen pendukung dan Terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam menyukseskan kegiatan BSMSS ini, Semoga kedepannya kegiatan BSMSS ini bisa diselenggarakan kembali supaya Masyarakat bisa merasakan manfaat diadakannya BSMSS ini yang bertujuan untuk mempererat kedekatan TNI dan RAKYAT serta untuk kemajuan perkembangan ekonomi di Wilayah Tasikmalaya, Tegas Dandim. 

 

Reporter: Jajang ( Janur)